Kamis, 17 Juli 2014

BAB IV PENGGOLONGAN TULISAN


BAB IV
PENGGOLONGAN TULISAN 
A.    PENGGULONGAN TULISAN BERDASRKAN BENTUK
Menurut The Liang Gie penggolongan menurut bentuk meliputi cerita, lukisan, paparan dan argumentasi. Asalnya, persuasi juga merupakan bentuk yang memiliki ciri, kepentingan dan tujuan sendiri didamping keemppetnya yang lain. Iklan merupakan bentuk tulisan persuasi yang mempunyai cirri tersendiri. Dengan demikian, didasarkan pada bentuk, tulisan sendiri dari cerita (narasi), lukisan (deskripsi), paparan (eksposisi ), argumentasi (pendapat), dan persuasi (Nurudin, 2010: 50). Berikut adalah bentuk tulisannya:
a)      Narasi
Narasi adalah bentuk tulisan yang berusaha menciptakan, mengisahkan, merangkai tindak-tanduk perbuatan manusia dalam sebuah peristiwa secara kronologis atau yang berlangsung dalam suatu kesatuan waktu tertentu (Nurudin, 2010: 54).
Contoh Narasi:
Putri Natasha dan Putri Andin
Sesuatu hari sebuah kerajaan besar lahirlah seorang putrid cantik yang bernama Putri Natasha. Wajahnya sangat cantik daan luci. Putrid Natasha lahir dari pasangan Raja Anthum dan Ratu Auroa. Semua orang sangat bahagia atas kelahiran Putri Natasha. Tepat dihari kelahiran Putri Natasha, di depan gerbang pintu istana terdat seorang bayi kecil yang tergeletah tak bernyawa. Akhirnya karena pihak istana tak tega untuk menyingkirkannya, bayi tersebut kemudian diasuh oleh pihak istana dan diberi nama Putri Andin. Dua tahan telah berlalu. Putrid Natasha dan Putri Andin berubah menjadi putrid-putri yang lucu, mereka telah menjadi seperti saudara kandung. Raja dan Ratupun senang melihat keakraban mereka, meskipun mereka belum memberitahukan bahwa Putri Andin bukanlah anak kandung mereka.
Saat menginjak usia 12 tahun, Putri Natasha lebih cantik ketimbang Putri Andin sehingga Putri Andin menjadi iri. Akhirnya Putri Andin menyiramkan air panas ke wajah Putri Natasha. Namun sebelum melakukan hal itu Ratu Aurora mengetahui rencana Putri Andin. Ratu Aorora akhirnya menceritakan kalau sebenarnya Putri Andin bukanlah anak kandung mereka sehingga Putri Andin menghentikan niat jahatnya.
b)      Deskripsi
Deskripsi adalah bentuk tulisan yang bertujuan memperluas pengetahuan dan pengalaman pembaca dengan jalan mlukiskan hakikat objek yang sebenarnya dalam tulisan deskripsi, penulis tidak boleh mencampur adukan keadaan yang sebenarnya dengan interpretasinya sendiri (Finoza, 2006).
Contoh Deskripsi:
Kilo Meter Nol, Sebuah Lambang
Sebuah tugu diujung utara pulau Weah Aceh. Berdiri tegak setinggi delapan kilo mete. Landasannya, beton berterak mirip tangga bersusunn lima. Dengan lebar dan panjang sekitar lima meter. Tentu itu terletak diseebuah semak belukar di bilang Joboi, kota Madya Sabang. Itulah kilometer nol Indonesia. Lagu Patriotik dariis Sabang Sampai Merauke seakan-akan terngiang-ngiang di telinga. Kita sedang menginjak setapak tanah diujung yang paling abarat Nusantara.
c)    Ekposisi
Ditinjau dari asal katanya, ekposisi berarti membuka dan memulai. Bahkan ada yang mengatakan exposition mean explanation ( Ekposisi adalah penjelasan ). Ini berarti tulisan ekposisi berusaha untuk memberitau, mengupas, menguraiakan atau menerangkan sesuatu. Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikannya dengan uraian (paparan) tentang maksud dan tujuan (misalnya suatu karangan). Misalnya yang biasanya dieksposisikan adalah informasi (Nurdin, 2010:51)
Contoh Eksposisi
Memelihara Ikan
                        Ikan adalah salah satu binatang yang biasanya dipelihara oleh manusia. Ikan sangat beragam mulai dari warna, jenis juga harganya. Dengan memelihara ikan, akan memberikan ketenangan bagi pemiliknya.
                        Untuk memelihara ikan, hal pertama yang harus disiapkan adalah akuarium. Akurium harus ditata seindah mungkin dengan begtu ikan-ikan akan merasa betah. Dalam memeilih ikan harus ikan yang sehat dan segar.
                        Dalam memberi makan ikan harus teratur, jangan terlalu banyak karena dapat membuat air keruh, pilihlah makanan yang sesuai dengan bergizi.
d)     Argumentasi
Tulisan argumentasi biasanya bertujuan untuk meyakinkan pembaca, termasuk membuktikan pendapat atau pendirian darinya (Nurudin, 2010: 60). Berikut adalah tugas dari penulis argumentative (Keraf, 2004);
1.      Harus mengandung kebenaran untuk mengubah sikap dan keyakinan orang mengenai topic yang akan diargumentasikan.
2.      Berusa untuk menghindari setiap istilah yang menimbulkan prasangka tertentu.
3.      Penulis argumentatif berusa untuk menghilangkan ketidaksepakatan.
4.      Menetapkan secara tepat titik ketidaksamaan yang diargumentasikan.
Contoh Argumentasi :
Adopsi Anak Indonesia Oleh Orang Asing, Mengapa Tidak?
Sebuah survey dan study perlu dilakukan untuk meneliti dampak social, budaya, dan psikologis dari praktek adopsi ini sebelum orang-orang  keburumenilai yang jelek-jeleknya saja. Oleh karena itu, kalau kita memang ingin konsekuen menjadi bangsa yang berkepribadian mandiri, mungkin praktek-praktek seperti pinjaman dari luar negeri, penanaman modal asing, studi ke luar negeri dan segala bentuk hubungan serta produk yang berbau luar negeri lebih baik dijauhkan.Hal ini tentu mustahil. Kalau kita mau jujur tentang keberadaan bangsa dan Negara kita, kita ini sebenarnya masih jau sekali dari impian menjadi Negara yang mandiri, yang sejahtera dan mampu tampil sebagai Negara yang menentukan di dalam percaturan dunia.
Prosedur  pengangkatan anak yang benar dan bertanggung jawab akan dimulai dengan mendeteksi keberadaan calon orang tua angkat, untuk memperoleh data kemungkinan jaminan kehidupan dan tunjangan pendidikan yang layak bagi anak yang akan diadopsi. Salahkah jika ada pihak asing yang dengan tulus ingin mengadopsi mereka?
Adopsi anak Indonesia oleh orang asing seperti ini bukanlah pelarian tanggung jawab social di Negara kita. Hal ini sebaiknya dipandang sebagai suatu alternatif  pemecahan-pemecahan masalah-masalah besar yang kita hadapi, sebagai peledakan jumlah penduduk, peningkatan kesejahteraan keluarga yang kurang mampu, serta perluasan kesempatan anak untuk hidup lebih baik.
e)    Persuasi
Persuasi berarti membujuk atau meyakinkan. Kamus Besar Bahasa Indonesia mengungkapkan bahwa persuasi adalah (1) bujukan halus, (2) ajakan kepada seseorang dengan cara memberikan alas an dan prospek yang meyakinkan, dan (3) himbauan (Nurudin, 2010: 63). Goris Keraf (2004) pernah mengatakan persuasi bertujuan meyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki penulis.
Contoh Persuasi :
Kebudayaan Indonesia Herus Mulai Dijaga
Indonesia adalah negeri yang beraeka ragam.Bangsa yang multikultur, banyak sekali kebudayaan yang tersebar dari ujung barat sampai ujung timur.Kebudayaan nasional yang menjadi ciri khas bangsa khususnya.Sebagai warga yang hidup di Indonesia, sebaiknya saat ini kita harus berfikir bahwa kebudayaan Indonesia harus mulai di jaga. Kenapa kebudayaan Indonesia harus di jaga?.Ada beberapa faktor yang menyebabkan kebudayaan Indonesia harus dijaga.Diantaranya banyak orang yang tidak mengenal budayanya sendiri.k
Keaneka ragaman kebudayaan yang ada di Indonesia lbih banyak  menyebabkan seseorang malas untuk mengetehui  bahkan meneganlnya. Sehingga tak heran jika ada orang yang tidak tahu tentang kebudayaan Indonesia. Bahkan dia sempat aneh dan terheran-heran jika melihat tari kecak misalnya atau mendengarkan lagu soleram.Karena dia memamg tak pernah mengetahuinya dan memamg tak pernah mau tahu.
Tak hanya itu.Globalisasi terjadi pada dunia saat ini mempunyai pengaruh besar terhadap kelestarian budaya Indonesia.Melalui modernisasi kebudayaan, kebudayaan asing dapat mudah masuk ke Indonesia.Generasi muda pun lebih menyukai kebudayaan asing.Musink yang mereka dengarkan bukan lagi gending melaikan music DJ dan R n B.
Oleh karena itu, memang sudah saatnya kita sebagai orang Indonesia umumnya dan sebagai generasi muda terpelajar khususnya, harus mulai berpikir untuk menjaga kebudayaan Indonesia.Karena kebudayaan Indonesia adalah ciri khas Negara Indonesia. Pemerintah dan masyarakat adalah pelaku sentral dalam proses pelestarian kebudayaan Indonesia.
Kebudayaan Indonesia sebaiknya kita pelihara dan kita lestarikan bersama-sama.Jangan sampai kita kehilangan budaya kita sendiri. Marilah kita sama-sama menjaga kebudayaan Indonesia agar jangan sampai terkubur dan hanya menjadi sejarah anak cucu kita di masa yang akan datang. Marilah kita bersama-sama menjaganya!

B.     PENGGOLONGAN TULISAN BERDASARKAN RAGAM
Dalam buku Nurudin, (2010: 50) menyatakan penggolongan menurut ragam:
1.      Faktawi
2.      Khayali
Tulisan Faktawi adalah tulisan yang diolah berdasarkan fakta-fakta yang ada  (Nurudin, 2010: 51). Dengan kata lain, tulisan yang dihasilkan bukan karena rekayasa seseorang. Ia juga bukan cerita bohong yang sengaja dibuat untuk tujuan tertentu. Dalam jurnalistik, fakta ini sering disebut dengan unsur 5 W + 1 H(who, where, when, what, why, dan how). Dalam penulisan ilmiah harus ada bukti-bukti yang mendukung dalam membuat tulisan.
Sementara itu, tulisan khayali adalah tulisan yang tidk menuntut adanya fakta-fakta layaknya ragam tulisan faktawi. Dengan kata lain, tulisan itu lebih di dasarkan pada daya imajinasi seorang penulis.
C.    PENGGOLONGAN TULISAN BERDASARKAN JENIS
Dalam buku Nurudin, (2010: 51) menyatakan penggolongan tulisan berdasarkan jenis:
Ø    Ragam Tulisan
1)                  Faktawi

Ø    JenisTulisan
a. Tulisan Ilmiah
Tulisan Ilmiah adalah tulisan yang selama ini dilakukan di kalangan ilmuan atau sivitas akademika (tulisan kependidikan dan penelitian).Bisa juga dilakukan oleh orang kebanyakan, hanya dasar-dasar, sistematika da penyusunannya memakai kaidah ilmiah yang digariskan (Nurudin, 2010: 52).
b. Tulisan Informatif
            Tulisan Informatif adalah tulisan yang tujuan utamanya memberikan informasi sebuah peristiwa atau kejadian (laporan). Untuk itu tulisan jenis Informatif biasa melekat pada mdia masa (Nurudin, 2010: 53)
·                     Jenis-jenis Tulisan Ilmiah Murni
a. Makalah
Ø    Makalah Kerja
Ø    Makalah Tugas
Ø    Makalah Penelitian
b. Naskah Publikasi
Berupa makalah yang sudah diperbaharui, prosiding seminar, artikel ilimiah
c. Laporan akhir di buat untuk tujuan akademis
·                     Tulisan Informatif
a.       Esai
Berisi kupasan terhadap suatu masalah, baik persoalan berkaitan dengan ilmu, tekhnologi, maupun seni.Dapat juga berisi prosa (karangan bebas) singkat yang mengekspresikan opini penulis tentang subjek tertentu. Bagian esai:
1.      Pendahuluan (tesis)
2.      Isi (menyajikan seluruh informasi tentang subjek)
3.      Kesimpulan
·                     Jenis-jenis Esai
1.      Esai Deskriptif
Memaparkan subjek dan membuat kesan tertentu terhadap subjek.
2.      Esai ekspositori
Menjelaskan subjek dengan disertai perbandingan dua hal mengidentifikasi hubungan sebab akibat atau mengklasifikasi.
3.      Esai naratif
Penggambaran ide dengan bertutur dengan suatu kejadian yang disusun berdasarkan urutan waktu.
4.      Easai persuasif
Penggambaran ide dengan bertutur dengan suatu kejadian yang disusun berdasarkan urutan waktu.
5.      Esai dokumentatif
Berisi informasi berdasarkan suatu penelitian di bawah institusi atau otoritas tertentu.
b.      Tajuk Rencana
Tajuk rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat  surat kabar  itu diterbitkan. Dalam tajuk rencana biasanya di ungkapkan adanya informasi atau masalah actual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, dan harapan redaksi akan peran pembaca.Pernyataan fakta dan opini ini biasanya di utarakan secara singkat dan logis, menarik ditinjau dari segi penulisan dengan tujuan untuk mempengaruhi pendapat atau menerjemahkan berita yang menonjol agar pembaca menjadi menyimak seberapa penting berita tersebut. Fungsi tajuk rencana biasanya menjelaskan berita , artinya , dan akibatnya pada masyarakat. Tajuk rencana juga mengisi latar belakang dari kaitan berita tersebut dengan kenyataan sosial  dan factor  yang mempengaruhi dengan lebih menyeluruh.Dalam tajuk rencana terkadang juga ada ramalan atau analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi, Serta meneruskan penilaian moral mengenai berita tersebut.  http://id.wikipedia.org/wiki/Tajuk_rencana.
Ciri-ciri :
·         Berisi opini redaksi tentang peristiwa yang sedang hangat dibicarakan
·         Berisi ulasan tentang suatu masalah yang dimuat
·         Biasanya  berskala nasional, berita internasional dapat menjadi tajuk rencana, apabila berita tersebut  member dampak pada nasional
·         Tertuang pikiran subjektif  redaksi
Aspek-aspek yang menjadi fokus dalam tajuk utama
·         Judul
·         Latar Belakang Masalah
·         Tokoh
·         Masalah
·         Peristiwa yang disampaikan
·         Opini penulis
·         Saran dan solusi permasalahan
·         Kesimpulan
·         Sumber berita
·         Anggota redaksi
c.       Opini
Opini adalah pendapat, ide  atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideology akan tetapi bersifat tidak objektif  karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian, dapat pula merupakan sebuah pernyataan tentang sesuatu yang berlaku pada masa depan dan kebenaran atau kesalahan serta tidak dapat langsung di tentukan misalnya  menurut pembuktian melalui induksi . Opini bukanlah merupakan sebuah fakta, akan tetapi jika di kemudian hari dapat dibuktikan atau di verifikasi maka opini akan berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta.http://id.wikipedia.org/wiki/Opini.
d.      Feature
Feature adalah karya jurnalistik perpaduan berita dan opini, mengandung human interest, dan bergaya penulisa sastra. http://jurnalistikpraktis.blogspot.com/2013/04/feature-karya-jurnalistik-yang-tetap.html
e.       Resensi Buku
Resensi menurut kamus besar bahasa Indonesia atau (KBBI) adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku ulasan buku. http://hafidzdotorg.wordpress.com/2013/10/11/pengertian -resensi-dan contoh resensi.
2)                  Khayali
Ø    Jenis Tulisan :
a.        Prosa
Prosa adalah suatu jenis tulisan yang di bedakan dengan puisi karena variasi ritme yang dimilikinya lebih besar , serta bahasanya yang lebih sesuai dengan arti leksikalnya.http://id.wikipedia.org/wiki/Prosa.
b.      Puisi
Puisi adalah ungkapan perasaan atau pikiran penyairnya yang dirangkai menjadi suatu bentuk tulisan yang mengandung makna.
D.    PENGOLONGAN TULISAN BERDASARKAN RUMPUN
Dalam buku Nurudin, (2010: 51) menyatakan penggolongan tulisan berdasarkan rumpun adalah sebagai berikut :
A.    Jenis Tulisan
Ø Tulisan Ilmiah
Rumpun Tulisan :
a.         Tulisan Kependidikan
b.        Tulisan Penelitian
Ø Tulisan Informatif
Rumpun Tulisan:
a.       Kisah
Cerita tentang kejadian kehidupan seseorang.
b.      Laporan
Laporan adalah bentuk penyajian fakta tentang sesuatu keadaan atau suatu kegiatan yang berkenan dengan tangung jawab yang ditugaskan kepada pelapor
c.       Ringkasan
Ringkasan merupakan penyajian singkat dari suatu karangan asli, sedangkan perbandingan bagian atau bab dari karangan asli secara proporsional tetap di pertahankan dalam bentuknya yang singkat atau suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat.
d.      Ulasan
e.       Artikel
Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui Koran, majalah, bulletin, dsb
Rumpun Tulisan :
a.        Novel
Novel adalah sebuah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif: biasanya dalam bentuk cerita. Penulis novelis.       Novel lebih panjang (setidaknya 40.000 kata) dan lebih kompleks dari cerpen, dan tidak dibatasi keterbatasan struktural dan metrikal sandiwara atau sajak.Umumnya sebuah novel bercerita tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam kehidupan sehari-hari, dengan menitik beratkan pada sisi-sisi yang aneh dari naratif tersebut.
b.      Cerpen
Cerpen merupakan karangan fiktif yang berisi sebagian kehidupan seseorang atau kehidupan yang diceritakan secara ringkas yang berfokus pada suatu tokoh
c. Fiksi Ilmu
d. Drama
Ø  Puisi
Rumpun Tulisan:
a.       Lirik
b.       Epik
c.       Dramatik

E.     PENGGOLONGAN TULISAN BERDASARKAN MACAM
Dalam buku  Nurudin, (2010: 56) menyatakan penggolongan tulisan berdasarkan macamnya adalah sebagai berikut:
Tulisan Ilmiah
a.        Macam Tulisan:
Ø  Tulisan Kependidikan
a.         Rumpun Tulisan
v  Tulisan Kesarjanaan
Misalnya:
a. Paper atau makalah
b. Skripsi
c. Tesis
d. Disertasi
v  Tulisan Didaktik
Misalnya:
a. Diktat Kuliah
b. Buku pelajaran
v  Tulisan Referensi
Misalnya:
a.       Kamus
b.      Eksklopedi
Ø  Tulisan Penelitian
a.        Rumpun Tulisan
1.   Artikel Jurnal Ilmiah
2.   Makalah Seminar
3.   Naskah Penelitian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar